Selasa, 31 Desember 2013

ANAK & MEDIA PORORO VS YUK KEEP SMILE





Mirah adalah seorang anak perempuan berusia 5 tahun. Penampilannya sangat lucu. Ia berambut keriting, sedikit gemuk, cerewet, dan sangat menggemaskan. Ia merupakan anak paling bungsu dari 3 bersaudara. Saat ini, ia masih duduk di bangku Taman Kanak-Kanak. Dalam kesehariannya, Mirah tergolong anak yang supel dan aktif. Ia sangat senang bermain, baik itu dengan orangtua, kakak-kakaknya, maupun teman sebayanya. Selain bermain, Mirah juga gemar menonton televisi. Ada banyak tayangan maupun program-program televisi yang ia ketahui. Namun ada 2 program atau tayangan yang paling ia sukai. Yaitu kartun Pororo yang tayang di B-Channel setiap sore dari pukul 17.15 hingga pukul 17.45 dan program komedi YKS (Yuk Keep Smile) yang tayang di Trans TV setiap malam dari pukul 20.00 hingga pukul 00.00. 

Menurut Mirah, ia sangat menyukai kartun Pororo karena sosok Pororo yang sangat lucu dan menggemaskan. Selain itu, ia juga senang karena Pororo memiliki banyak sahabat yang baik dan juga lucu. Sedangkan untuk program YKS (Yuk Keep Smile), Mirah paling menyukai joget “keep smile” yang sering diperagakan oleh Caesar. 

Data umum
Jenis : Film Kartun
Judul : Pororo
Durasi : 30 menit (5-6 menit per episode)
Tahun : 2013
Jenis : Comedy Show
Judul : Yuk Keep Smile (YKS)
Durasi : 4 jam
Tahun : 2013
Penyampaian content
Film
Show
Content
Bercerita tentang sesosok penguin kecil bernama Pororo yang tinggal di suatu kawasan bersalju yang memiliki banyak sahabat dari berbagai jenis binatang. Yaitu Crong seekor dinosaurus hijau kecil, Eddy seekor rubah merah, Poby seekor beruang kutub, Loopy seekor berang-berang, Petty seekor penguin betina, dan Harry seekor Hummingbird. Dalam film ini, Pororo dan kawan-kawan selalu melewati suatu masalah atau rintangan bersama-sama melalui ide-ide kreatif yang muncul. Selain itu, mereka juga suka melakukan berbagai aktivitas yang menyenangkan bersama-sama.

Merupakan sebuah pertunjukan atau parodi hiburan berjenis komedi. Acara ini terbagi menjadi beberapa segmen. Dimana dalam setiap segmen memiliki judul “cerita” yang berbeda. Pemeran utama dalam tayangan ini adalah artis-artis ternama ibukota. Seperti Olga, Raffi, Soimah, Denny Cagur, Tarra, Chand Kelvin, Adul, Kiwil, dan Omesh. Selain itu, salah satu yang menjadi ciri khas acara ini adalah joget “Keep Smile” yang diperagakan oleh Caesar. Serta berbagai macam goyangan lain yang menjadi icon dalam acara tersebut.
Tujuan atau materi yang ingin disampaikan / Pelajaran yang bisa diambil
·    Persahabatan.
Dalam film ini, makna persahabatan sangat kental dan terlihat. Mengingat si tokoh utama di dalam film yaitu Pororo merupakan sosok yang baik dan menyenangkan, tidak memilih dalam berteman sehingga memiliki banyak sahabat.
·    Tolong menolong.
Dalam film ini juga terkandung makna saling tolong menolong satu sama lain. Mereka terlihat senang membantu temannya yang sedang terjebak dalam situasi yang sulit dan menegangkan.
Tujuan dari acara YKS (Yuk Keep Smile) adalah untuk menghibur penonton yang menyaksikannya. Karena secara umum, acara ini memang berjenis komedi.
Sasaran pembaca / penonton
·    Film ini cocok untuk anak-anak, baik yang masih berusia prasekolah maupun anak-anak usia sekolah karena tokoh yang ada di dalam film ini merupakan hewan yang berpenampilan lucu dan menggemaskan sehingga menarik bagi anak-anak.
·    Selain itu, film ini juga cocok untuk anak laki-laki maupun anak perempuan karena menceritakan hal-hal yang umum untuk anak-anak (tidak ada diskriminasi gender)
Acara ini lebih cocok disaksikan oleh remaja dan/atau orang dewasa. Karena content serta penyajiannya memang ditujukan untuk remaja dan orang dewasa.
Pengemasan media (kelebihan / kelemahan)
·    Secara umum, telah sesuai dengan tujuan yang ingin disampaikan. Karena di dalam setiap episode yang ditayangkan, makna persahabatan dan tolong menolong sangat kental dan terlihat.
·    Telah sesuai dengan usia yang dituju yaitu anak-anak karena penyajiannya yang menarik.
·    Bahasa yang digunakan  di film kartun Pororo ini juga sederhana, komunikatif, dan mudah dipahami oleh anak-anak.
Acara YKS (Yuk Keep Smile) memang ditujukan untuk remaja dan orang dewasa. Karena pemain dalam acara tersebut secara keseluruhan adalah orang dewasa. Penyajiannya memang cukup menarik dan menghibur sesuai dengan tujuannya namun sebagian besar bahasa yang digunakan oleh para pemain terdengar ceplas-ceplos karena spontanitas dan terkadang agak kasar.
Teori yang relevan
Teori Perkembangan Kognitif Piaget:
·       Tahap praoperasional
Tahap praoperasional (praoperational thinking) berlangsung dari usia 2 sampai dengan 7 tahun. Ciri dari tahapan ini adalah operasi mental yang jarang dan secara logika tidak memadai. Dalam tahapan ini, anak belajar menggunakan dan merepresentasikan objek dengan gambaran dan kata-kata. Pemikirannya masih bersifat egosentris: anak kesulitan untuk melihat dari sudut pandang orang lain.
Menurut Piaget, tahapan pra-operasional mengikuti tahapan sensorimotor dan muncul antara usia dua sampai enam tahun. Dalam tahapan ini, anak mengembangkan keterampilan berbahasanya. Mereka mulai merepresentasikan benda-benda dengan kata-kata dan gambar. Bagaimanapun, mereka masih menggunakan penalaran intuitif bukan logis.
Di permulaan tahapan ini, mereka cenderung egosentris, yaitu, mereka tidak dapat memahami tempatnya di dunia dan bagaimana hal tersebut berhubungan satu sama lain. Mereka kesulitan memahami bagaimana perasaan dari orang di sekitarnya. Tetapi seiring pendewasaan, kemampuan untuk memahami perspektif orang lain semakin baik. Anak memiliki pikiran yang sangat imajinatif di saat ini dan menganggap setiap benda yang tidak hidup pun memiliki perasaan.

Teori Peniruan (Modelling) Albert Bandura
Menurut Bandura, sebagian besar tingkah laku manusia dipelajari melalui peniruan (modelling). Berdasarkan hasil ekperimen yang dilakukan Albert Bandura dan Richard Walters ( 1959, 1963) pada anak – anak didapakan hasil bahwa peniruan dapat berlaku hanya melalui pengamatan terhadap perilaku model (orang yang ditiru) meskipun pengamatan itu tidak dilakukan terus menerus. Proses belajar semacam ini disebut “observational learning” atau pembelajaran melalui pengamatan.

·      Unsur-unsur utama dalam proses peniruan (modelling)
1.     Perhatian (Attention)
Subjek harus memperhatikan tingkah laku model untuk dapat mempelajarinya. Subjek memberi perhatian tertuju kepada nilai, harga diri, sikap, dan lain-lain yang dimiliki. Bandura & Walters (1963) dalam buku mereka “Sosial Learning & Personality Development” menekankan bahwa hanya dengan memperhatikan orang lain pembelajaran dapat dipelajari.
2.    Mengingat (Retention)
Subjek yang memperhatikan harus merekam peristiwa itu dalam sistem ingatannya. Ini membolehkan subjek melakukan peristiwa itu kelak bila diperlukan atau diinginkan. Kemampuan untuk menyimpan informasi juga merupakan bagian penting dari proses belajar.
3.    Reproduksi gerak (Reproduction)
Setelah mengetahui atau mempelajari sesuatu tingkah laku, subjek juga dapat menunjukkan kemampuannya atau menghasilkan apa yang disimpan dalam bentuk tingkah laku.
4.    Motivasi
Motivasi juga penting dalam pemodelan Albert Bandura karena ia adalah penggerak individu untuk terus melakukan sesuatu.

·      Ciri – ciri teori Pemodelan Bandura
1.    Unsur pembelajaran utama ialah pemerhatian dan peniruan
2.    Tingkah laku model boleh dipelajari melalui bahasa, teladan, nilai dan lain – lain
3.    Pelajar meniru suatu kemampuan dari kecakapan yang didemonstrasikan guru sebagai model
4.    Pelajar memperoleh kemampuan jika memperoleh kepuasan dan penguatan yang positif
5.    Proses pembelajaran meliputi perhatian, mengingat, peniruan, dengan tingkah laku atau timbal balik yang sesuai, diakhiri dengan penguatan yang positif.

·      Jenis – jenis Peniruan (modelling)
1.    Peniruan langsung à Pembelajaran yang langsung dikembangkan. Ciri khas dari pembelajaran ini adalah adanya modeling, yaitu suatu fase dimana seseorang memodelkan atau mencontohkan sesuatu melalui demonstrasi bagaimana suatu ketrampilan itu dilakukan. Meniru tingkah laku yang ditunjukkan oleh model melalui proses perhatian
2.    Peniruan tak langsung à Adalah melalui imajinasi atau perhatian secara tidak langsung.
3.    Peniruan gabungan à Peniruan jenis ini adalah dengan cara menggabungkan tingkah laku yang berlainan yaitu peniruan langsung dan tidak langsung.
4.    Peniruan sesaat / seketika à Tingkah laku yang ditiru hanya sesuai untuk situasi tertentu saja.
5.    Peniruan berkelanjutan à Tingkah laku yang ditiru boleh ditonjolkan dalam situasi apapun.

Analisis dari kedua media:
Berdasarkan penjabaran dan teori yang telah dikemukakan di atas, Mirah merupakan seorang anak yang masih berusia 5 tahun. Dimana seperti yang telah disinggung sebelumnya ia sedang berada dalam tahap perkembangan praoperasional. Dimana pada tahapan ini, anak sedang mengembangkan keterampilan dalam berbahasa. Mereka mulai merepresentasikan benda-benda dengan kata-kata dan gambar. Pada masa ini anak-anak umumnya juga memiliki kecenderungan untuk meniru tindakan yang dilakukan oleh orang lain atau orang di sekitarnya sebagai bentuk dari proses belajar.
Bila ditinjau dari media film kartun Pororo secara umum sifatnya mendidik (edukatif). Karena berdasarkan tujuan yang ingin disampaikan, film kartun tersebut menanamkan nilai-nilai kebersamaan dan persahabatan. Hal ini tentu saja memberikan kontribusi yang positif bagi perkembangan anak. Sebaliknya, acara YKS (Yuk Keep Smile) dapat dikatakan tidak memberikan kontibusi positif bagi perkembangan seorang anak. Mulai dari content yang disajikan, penggunaan bahasa, serta tujuannya memang lebih cocok dikenakan pada remaja dan orang dewasa. Bila anak-anak menyaksikan tayangan ini secara terus-menerus, bukan tidak mungkin hal tersebut bisa menjadi salah satu faktor peniruan (model) yang negatif bagi seorang anak.

My Opinion / Conclusion:
Saya lebih menyukai film kartun Pororo dibandingkan acara YKS (Yuk Keep Smile). Karena berdasarkan yang telah disingung di atas, kedua media tersebut sangatlah berbeda. Dari tujuan yang ingin disampaikan, tayangan Pororo lebih edukatif dan mampu memberikan kontribusi positif bagi perkembangan seorang anak. Tokoh yang berperan dalam cerita juga dikemas secara menarik sesuai dengan tingkatan kognitif seorang anak yang masih berada dalam tahap praoperasional. Penggunaan bahasa yang sederhana dan mudah dimengerti juga memberikan sumbangan dalam perkembangan bahasa seorang anak.
Sedangkan untuk tayangan YKS (Yuk Keep Smile) tidak sesuai bila ditonton oleh anak yang masih berusia 5 tahun. Pertama, acara tersebut hanya bertujuan untuk menghibur dan tidak memberikan pelajaran yang dapat dipetik oleh seorang anak. Kedua, penggunaan bahasa yang kurang sesuai bagi anak-anak yang ceplas-ceplos bahkan cenderung agak kasar akan berdampak negatif bagi perkembangan bahasa si anak. Karena bila ia terus-menerus menyaksikan tayangan tersebut, bukan tidak mungkin ia akan meniru bahasa yang digunakan dalam tayangan itu. Ketiga, acara YKS (Yuk Keep Smile) juga tidak sesuai dengan tingkatan kognitif seorang anak karena penyajiannya yang memang ditujukan bagi remaja dan orang dewasa.
Berdasarkan perbandingan yang telah dijabarkan di atas, saya menyarankan bagi orangtua untuk lebih memperhatikan tayangan yang disaksikan oleh anak. Berikanlah tayangan yang sesuai dengan usia sang anak agar dapat memberikan kontibusi yang positif bagi perkembangannya. Hentikan kebiasaan anak yang senang menyaksikan tayangan yang tidak sesuai dengan usianya sebelum terlambat. Karena hal tersebut dapat memberikan dampak negatif bagi dirinya.

CREATED BY :
DEWA AYU INTEN P

115120300111041

1 komentar:

  1. LEGENDAQQ.NET
    Kami Hadirkan Permainan Baru 100% FAIR PLAY Dari Legendaqq.Net. :) 1 ID Untuk 8 Games :
    - Domino99
    - BandarQ
    - Poker
    - AduQ
    - Capsa Susun
    - Bandar Poker
    - Sakong Online
    - Bandar 66

    Nikmati Bonus-Bonus Menarik Yang Bisa Anda Dapatkan Di Situs Kami LegendaQQ.Net. info Situs Resmi, Aman Dan Terpercaya ^^ Keunggulan LegendaQQ.Net :
    - Tingkat Persentase Kemenangan Yang Besar
    - Kartu Anda Akan Lebih Bagus
    - Bonus TurnOver Atau Cashback Di Bagikan Setiap 5 Hari
    - Bonus Referral Dan Extra Refferal Seumur Hidup
    - Minimal Deposit & Withdraw Hanya 20.000,-
    - Tidak Ada Batas Untuk Melakukan Withdraw/Penarikan Dana
    - Pelayanan Yang Ramah Dan Memuaskan
    - Dengan Server Poker-V Yang Besar Beserta Ribuan pemain Di Seluruh Indonesia,
    - LegendaQQ.Net Pasti Selalu Ramai Selama 24 Jam Setiap Harinya.
    - Permainan Menyenangkan Dengan Dilayani Oleh CS cantik, Sopan, Dan Ramah.

    Fasilitas BANK yang di sediakan :
    - BCA
    - Mandiri
    - BNI
    - BRI
    - Danamon

    Tunggu Apa Lagi Guyss..
    Let's Join With Us At LegendaQQ.Net ^^
    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami :
    - BBM : 2AE190C9
    - Facebook : LegendaqqPoker

    Link Alternatif :
    - www.legendaqq(dot)net
    - www.legendaqq(dot)org
    - www.legendapelangi(dot)com
    NB : untuk login android / iphone tidak menggunakan www dan spasi ya boss ^_^

    BalasHapus