Mirah
adalah seorang anak perempuan berusia 5 tahun. Penampilannya sangat lucu. Ia
berambut keriting, sedikit gemuk, cerewet, dan sangat menggemaskan. Ia
merupakan anak paling bungsu dari 3 bersaudara. Saat ini, ia masih duduk di
bangku Taman Kanak-Kanak. Dalam kesehariannya, Mirah tergolong anak yang supel
dan aktif. Ia sangat senang bermain, baik itu dengan orangtua, kakak-kakaknya,
maupun teman sebayanya. Selain bermain, Mirah juga gemar menonton televisi. Ada
banyak tayangan maupun program-program televisi yang ia ketahui. Namun ada 2 program
atau tayangan yang paling ia sukai. Yaitu kartun Pororo yang tayang di
B-Channel setiap sore dari pukul 17.15 hingga pukul 17.45 dan program komedi
YKS (Yuk Keep Smile) yang tayang di Trans TV setiap malam dari pukul 20.00
hingga pukul 00.00.
Menurut
Mirah, ia sangat menyukai kartun Pororo karena sosok Pororo yang sangat lucu
dan menggemaskan. Selain itu, ia juga senang karena Pororo memiliki banyak
sahabat yang baik dan juga lucu. Sedangkan untuk program YKS (Yuk Keep Smile),
Mirah paling menyukai joget “keep smile” yang sering diperagakan oleh Caesar.
Data umum
|
Jenis
: Film Kartun
Judul
: Pororo
Durasi
: 30 menit (5-6 menit per episode)
Tahun
: 2013
|
Jenis
: Comedy Show
Judul
: Yuk Keep Smile (YKS)
Durasi
: 4 jam
Tahun
: 2013
|
Penyampaian content
|
Film
|
Show
|
Content
|
Bercerita
tentang sesosok penguin kecil bernama Pororo yang tinggal di suatu kawasan
bersalju yang memiliki banyak sahabat dari berbagai jenis binatang. Yaitu
Crong seekor dinosaurus hijau kecil, Eddy seekor rubah merah, Poby seekor
beruang kutub, Loopy seekor berang-berang, Petty seekor penguin betina, dan
Harry seekor Hummingbird. Dalam film ini, Pororo dan kawan-kawan selalu
melewati suatu masalah atau rintangan bersama-sama melalui ide-ide kreatif
yang muncul. Selain itu, mereka juga suka melakukan berbagai aktivitas yang
menyenangkan bersama-sama.
|
Merupakan
sebuah pertunjukan atau parodi hiburan berjenis komedi. Acara ini terbagi
menjadi beberapa segmen. Dimana dalam setiap segmen memiliki judul “cerita”
yang berbeda. Pemeran utama dalam tayangan ini adalah artis-artis ternama
ibukota. Seperti Olga, Raffi, Soimah, Denny Cagur, Tarra, Chand Kelvin, Adul,
Kiwil, dan Omesh. Selain itu, salah satu yang menjadi ciri khas acara ini
adalah joget “Keep Smile” yang diperagakan oleh Caesar. Serta berbagai macam
goyangan lain yang menjadi icon
dalam acara tersebut.
|
Tujuan atau materi
yang ingin disampaikan / Pelajaran yang bisa diambil
|
· Persahabatan.
Dalam film ini, makna persahabatan
sangat kental dan terlihat. Mengingat si tokoh utama di dalam film yaitu
Pororo merupakan sosok yang baik dan menyenangkan, tidak memilih dalam
berteman sehingga memiliki banyak sahabat.
· Tolong
menolong.
Dalam film ini juga terkandung makna
saling tolong menolong satu sama lain. Mereka terlihat senang membantu
temannya yang sedang terjebak dalam situasi yang sulit dan menegangkan.
|
Tujuan
dari acara YKS (Yuk Keep Smile) adalah untuk menghibur penonton yang
menyaksikannya. Karena secara umum, acara ini memang berjenis komedi.
|
Sasaran pembaca /
penonton
|
· Film
ini cocok untuk anak-anak, baik yang masih berusia prasekolah maupun
anak-anak usia sekolah karena tokoh yang ada di dalam film ini merupakan
hewan yang berpenampilan lucu dan menggemaskan sehingga menarik bagi
anak-anak.
· Selain
itu, film ini juga cocok untuk anak laki-laki maupun anak perempuan karena
menceritakan hal-hal yang umum untuk anak-anak (tidak ada diskriminasi
gender)
|
Acara
ini lebih cocok disaksikan oleh remaja dan/atau orang dewasa. Karena content serta penyajiannya memang
ditujukan untuk remaja dan orang dewasa.
|
Pengemasan media
(kelebihan / kelemahan)
|
· Secara
umum, telah sesuai dengan tujuan yang ingin disampaikan. Karena di dalam
setiap episode yang ditayangkan, makna persahabatan dan tolong menolong
sangat kental dan terlihat.
· Telah
sesuai dengan usia yang dituju yaitu anak-anak karena penyajiannya yang
menarik.
· Bahasa
yang digunakan di film kartun Pororo
ini juga sederhana, komunikatif, dan mudah dipahami oleh anak-anak.
|
Acara
YKS (Yuk Keep Smile) memang ditujukan untuk remaja dan orang dewasa. Karena
pemain dalam acara tersebut secara keseluruhan adalah orang dewasa. Penyajiannya
memang cukup menarik dan menghibur sesuai dengan tujuannya namun sebagian
besar bahasa yang digunakan oleh para pemain terdengar ceplas-ceplos karena spontanitas dan terkadang agak kasar.
|
Teori yang relevan
|
Teori Perkembangan
Kognitif Piaget:
· Tahap
praoperasional
Tahap praoperasional (praoperational thinking) berlangsung
dari usia 2 sampai dengan 7 tahun. Ciri dari tahapan ini adalah operasi
mental yang jarang dan secara logika tidak memadai. Dalam tahapan ini, anak
belajar menggunakan dan merepresentasikan objek dengan gambaran dan kata-kata.
Pemikirannya masih bersifat egosentris: anak kesulitan untuk melihat dari
sudut pandang orang lain.
Menurut Piaget, tahapan
pra-operasional mengikuti tahapan sensorimotor dan muncul antara usia dua
sampai enam tahun. Dalam tahapan ini, anak mengembangkan keterampilan
berbahasanya. Mereka mulai merepresentasikan benda-benda dengan kata-kata dan
gambar. Bagaimanapun, mereka masih menggunakan penalaran intuitif bukan
logis.
Di permulaan tahapan ini, mereka
cenderung egosentris, yaitu, mereka tidak dapat memahami tempatnya di dunia
dan bagaimana hal tersebut berhubungan satu sama lain. Mereka kesulitan
memahami bagaimana perasaan dari orang di sekitarnya. Tetapi seiring
pendewasaan, kemampuan untuk memahami perspektif orang lain semakin baik.
Anak memiliki pikiran yang sangat imajinatif di saat ini dan menganggap
setiap benda yang tidak hidup pun memiliki perasaan.
Teori Peniruan (Modelling) Albert Bandura
Menurut
Bandura, sebagian besar tingkah laku manusia dipelajari melalui peniruan (modelling). Berdasarkan hasil
ekperimen yang dilakukan Albert Bandura dan Richard Walters ( 1959, 1963) pada
anak – anak didapakan hasil bahwa peniruan dapat berlaku hanya melalui
pengamatan terhadap perilaku model (orang yang ditiru) meskipun pengamatan
itu tidak dilakukan terus menerus. Proses belajar semacam ini disebut “observational learning” atau
pembelajaran melalui pengamatan.
· Unsur-unsur
utama dalam proses peniruan (modelling)
1. Perhatian
(Attention)
Subjek harus
memperhatikan tingkah laku model untuk dapat mempelajarinya. Subjek memberi
perhatian tertuju kepada nilai, harga diri, sikap, dan lain-lain yang
dimiliki. Bandura & Walters (1963) dalam buku mereka “Sosial Learning & Personality Development” menekankan bahwa
hanya dengan memperhatikan orang lain pembelajaran dapat dipelajari.
2. Mengingat
(Retention)
Subjek yang
memperhatikan harus merekam peristiwa itu dalam sistem ingatannya. Ini
membolehkan subjek melakukan peristiwa itu kelak bila diperlukan atau
diinginkan. Kemampuan untuk menyimpan informasi juga merupakan bagian penting
dari proses belajar.
3. Reproduksi
gerak (Reproduction)
Setelah mengetahui
atau mempelajari sesuatu tingkah laku, subjek juga dapat menunjukkan
kemampuannya atau menghasilkan apa yang disimpan dalam bentuk tingkah laku.
4. Motivasi
Motivasi juga penting
dalam pemodelan Albert Bandura karena ia adalah penggerak individu untuk
terus melakukan sesuatu.
· Ciri
– ciri teori Pemodelan Bandura
1. Unsur
pembelajaran utama ialah pemerhatian dan peniruan
2. Tingkah
laku model boleh dipelajari melalui bahasa, teladan, nilai dan lain – lain
3. Pelajar
meniru suatu kemampuan dari kecakapan yang didemonstrasikan guru sebagai
model
4. Pelajar
memperoleh kemampuan jika memperoleh kepuasan dan penguatan yang positif
5. Proses
pembelajaran meliputi perhatian, mengingat, peniruan, dengan tingkah laku
atau timbal balik yang sesuai, diakhiri dengan penguatan yang positif.
· Jenis
– jenis Peniruan (modelling)
1. Peniruan
langsung à
Pembelajaran yang langsung dikembangkan. Ciri khas dari pembelajaran ini
adalah adanya modeling, yaitu suatu fase dimana seseorang memodelkan atau
mencontohkan sesuatu melalui demonstrasi bagaimana suatu ketrampilan itu
dilakukan. Meniru tingkah laku yang ditunjukkan oleh model melalui proses
perhatian
2. Peniruan
tak langsung à
Adalah melalui imajinasi atau perhatian secara tidak langsung.
3. Peniruan
gabungan à
Peniruan jenis ini adalah dengan cara menggabungkan tingkah laku yang
berlainan yaitu peniruan langsung dan tidak langsung.
4. Peniruan
sesaat / seketika à
Tingkah laku yang ditiru hanya sesuai untuk situasi tertentu saja.
5. Peniruan
berkelanjutan à
Tingkah laku yang ditiru boleh ditonjolkan dalam situasi apapun.
|
Analisis
dari kedua media:
Berdasarkan penjabaran
dan teori yang telah dikemukakan di atas, Mirah merupakan seorang anak yang masih
berusia 5 tahun. Dimana seperti yang telah disinggung sebelumnya ia sedang berada
dalam tahap perkembangan praoperasional. Dimana pada tahapan ini, anak sedang mengembangkan
keterampilan dalam berbahasa. Mereka mulai merepresentasikan benda-benda dengan
kata-kata dan gambar. Pada masa ini anak-anak umumnya juga memiliki
kecenderungan untuk meniru tindakan yang dilakukan oleh orang lain atau orang
di sekitarnya sebagai bentuk dari proses belajar.
Bila ditinjau dari
media film kartun Pororo secara umum sifatnya mendidik (edukatif). Karena
berdasarkan tujuan yang ingin disampaikan, film kartun tersebut menanamkan
nilai-nilai kebersamaan dan persahabatan. Hal ini tentu saja memberikan
kontribusi yang positif bagi perkembangan anak. Sebaliknya, acara YKS (Yuk Keep
Smile) dapat dikatakan tidak memberikan kontibusi positif bagi perkembangan
seorang anak. Mulai dari content yang
disajikan, penggunaan bahasa, serta tujuannya memang lebih cocok dikenakan pada
remaja dan orang dewasa. Bila anak-anak menyaksikan tayangan ini secara
terus-menerus, bukan tidak mungkin hal tersebut bisa menjadi salah satu faktor
peniruan (model) yang negatif bagi seorang anak.
My
Opinion / Conclusion:
Saya lebih menyukai
film kartun Pororo dibandingkan acara YKS (Yuk Keep Smile). Karena berdasarkan yang
telah disingung di atas, kedua media tersebut sangatlah berbeda. Dari tujuan
yang ingin disampaikan, tayangan Pororo lebih edukatif dan mampu memberikan
kontribusi positif bagi perkembangan seorang anak. Tokoh yang berperan dalam
cerita juga dikemas secara menarik sesuai dengan tingkatan kognitif seorang
anak yang masih berada dalam tahap praoperasional. Penggunaan bahasa yang
sederhana dan mudah dimengerti juga memberikan sumbangan dalam perkembangan
bahasa seorang anak.
Sedangkan untuk
tayangan YKS (Yuk Keep Smile) tidak sesuai bila ditonton oleh anak yang masih
berusia 5 tahun. Pertama, acara tersebut hanya bertujuan untuk menghibur dan
tidak memberikan pelajaran yang dapat dipetik oleh seorang anak. Kedua,
penggunaan bahasa yang kurang sesuai bagi anak-anak yang ceplas-ceplos bahkan cenderung agak kasar akan berdampak negatif
bagi perkembangan bahasa si anak. Karena bila ia terus-menerus menyaksikan
tayangan tersebut, bukan tidak mungkin ia akan meniru bahasa yang digunakan
dalam tayangan itu. Ketiga, acara YKS (Yuk Keep Smile) juga tidak sesuai dengan
tingkatan kognitif seorang anak karena penyajiannya yang memang ditujukan bagi
remaja dan orang dewasa.
Berdasarkan
perbandingan yang telah dijabarkan di atas, saya menyarankan bagi orangtua
untuk lebih memperhatikan tayangan yang disaksikan oleh anak. Berikanlah
tayangan yang sesuai dengan usia sang anak agar dapat memberikan kontibusi yang
positif bagi perkembangannya. Hentikan kebiasaan anak yang senang menyaksikan
tayangan yang tidak sesuai dengan usianya sebelum terlambat. Karena hal
tersebut dapat memberikan dampak negatif bagi dirinya.
CREATED
BY :
DEWA
AYU INTEN P
115120300111041
LEGENDAQQ.NET
BalasHapusKami Hadirkan Permainan Baru 100% FAIR PLAY Dari Legendaqq.Net. :) 1 ID Untuk 8 Games :
- Domino99
- BandarQ
- Poker
- AduQ
- Capsa Susun
- Bandar Poker
- Sakong Online
- Bandar 66
Nikmati Bonus-Bonus Menarik Yang Bisa Anda Dapatkan Di Situs Kami LegendaQQ.Net. info Situs Resmi, Aman Dan Terpercaya ^^ Keunggulan LegendaQQ.Net :
- Tingkat Persentase Kemenangan Yang Besar
- Kartu Anda Akan Lebih Bagus
- Bonus TurnOver Atau Cashback Di Bagikan Setiap 5 Hari
- Bonus Referral Dan Extra Refferal Seumur Hidup
- Minimal Deposit & Withdraw Hanya 20.000,-
- Tidak Ada Batas Untuk Melakukan Withdraw/Penarikan Dana
- Pelayanan Yang Ramah Dan Memuaskan
- Dengan Server Poker-V Yang Besar Beserta Ribuan pemain Di Seluruh Indonesia,
- LegendaQQ.Net Pasti Selalu Ramai Selama 24 Jam Setiap Harinya.
- Permainan Menyenangkan Dengan Dilayani Oleh CS cantik, Sopan, Dan Ramah.
Fasilitas BANK yang di sediakan :
- BCA
- Mandiri
- BNI
- BRI
- Danamon
Tunggu Apa Lagi Guyss..
Let's Join With Us At LegendaQQ.Net ^^
Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami :
- BBM : 2AE190C9
- Facebook : LegendaqqPoker
Link Alternatif :
- www.legendaqq(dot)net
- www.legendaqq(dot)org
- www.legendapelangi(dot)com
NB : untuk login android / iphone tidak menggunakan www dan spasi ya boss ^_^